Bagaimana Cara Kerja Crane Atau Timbangan Gantung?

Bagaimana Cara Kerja Crane Atau Timbangan Gantung?

 

Timbangan gantung – Jenis timbangan yang dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari memang beragam jenis.  Jenis timbangan berdasarkan cara kerjanya maka terbagi menjadi tiga. Berikut informasi selengkapnya.

  1. TimbanganManual adalah jenis neraca atau timbangan yang cara kerjanya secara mekanis. Pada umumnya jenis neraca atau timbangan seperti ini memakai indikator berupa jarum sebagai penunjuk ukuran massa atau berat.
  2. Timbangan Digital adalah jenis timbangan atau neraca yang cara kerjanya secara elektronis. Neraca atau timbangan jenis ini dapat berfungsi dengan bantuan tenaga listrik atau baterai. Timbangan atau neraca ini biasanya indikatornya berupa angka digital yang tertera pada layar.
  3. Timbangan Hybrid adalah jenis neraca atau timbangan yang cara kerjanya memadukan antara timbangan manual dan digital. Bagian platform timbangan atau neraca Hybrid umumnya menggunakan plat mekanik tetapi display digital.

 

Sedangkan bila membahas jenis timbangan berdasarkan fungsinya, maka salah satu jenis timbangan berdasarkan penggunaannya atau fungsinya adalah timbangan gantung atau neraca gantung. Neraca gantung terbagi menjadi dua jenis yaitu neraca gantung manual dan neraca gantung digital atau biasa pula disebut timbangan crane.

Mengapa dinamakan timbangan gantung digital atau timbangan crane? Karena sistem penimbangan suatu obyek dilakukan dengan cara digantungkan pada timbangan tersebut. Jadi timbangan jenis neraca gantung digital tidak memiliki platfrom tempat atau wadah untuk meletakkan obyek yang akan ditimbang, namun obyek digantung dan langsung menarik Loadcell yang sudah menyatu dengan indicatornya.

Mungkin masih ada diantara kita yang kurang mengetahui mengenai neraca gantung digital atau timbangan crane. Bagaimana cara kerja neraca gantung digital atau timbangan crane? Timbangan Crane atau biasa disebut timbangan gantung digital adalah timbangan yang cara kerjanya  sangat sederhana.

Cara kerja neraca gantung digital atau timbangan Crane dengan menggunakan  Loadcell  model S dan Hook yang akan mengubah data dari analog menjadi data digital, lalu hasil penimbangan dapat dibaca dan akan tertera pada display atau indicator.

Bahan material timbangan gantung digital atau timbangan crane ini biasanya terbuat dari logam, terutama dari bahan Stainless stell dan besi solid. Neraca gantung digital biasanya menggunakan sistem pengisian baterai yang bisa bertahan hingga 50 Jam standby.

Timbangan gantung digital atau timbangan crane adalah salah satu jenis timbangan yang banyak diminati oleh banyak orang, karena jenis timbangan ini memiliki  tingkat keakuratan yang memang cukup baik. Neraca gantung digital atau timbangan crane biasanya dapat melakukan penimbangan hingga kapasitas beban obyek lebih dari 100 ton.

Neraca gantung digital atau timbangan crane juga tersedia dalam banyak model hingga membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan jenis neraca gantung digital ini. Para pengguna timbangan gantung digital atau crane ini umumnya yang paling banyak memanfaatkan timbangan jenis ini adalah para pedagang material, karena neraca gantung digital ini memiliki keakuratan yang baik dan kapasitas penimbangan yang cukup besar.

Apabila Anda tertarik untuk memiliki timbangan gantung digital atau timbangan crane ini maka sebaiknya jangan lupa untuk membaca atau mencari tahu lebih dulu tentang spesifikasinya. Pilihlah timbangan gantung digital yang sesuai dengan kebutuhan, jadi Anda tidak akan kecewa nantinya.

 

META
Judul                     : Bagaimana Cara Kerja Crane Atau Timbangan Gantung?

Deskripsi            : Salah satu jenis timbangan yang banyak diminati oleh pedagang material adalah timbangan gantung. Bagaimana cara kerjanya? Simak artikel berikut!

Keyword             : Timbangan gantung

admin