Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Timbangan Manual

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Timbangan Manual

 

Cara menghitung berat badan ideal – Timbangan untuk mengukur berat badan seharusnya dimiliki di setiap rumah, hal ini agar setiap anggota keluarga di dalam rumah tersebut dapat memantau berat badannya karena menjaga berat badan agar tetap ideal itu termasuk hal yang penting.

Berat badan seseorang yang melebihi batas berat badan ideal dapat menjadi sumber penyakit. Apabila berat badan terpantau maka kita dapat mengantisipasi timbulnya penyakit.

Saat ini kebanyakan orang lebih memilih timbangan berat badan digital daripada timbangan berat badan manual. Kelebihan timbangan berat badan digital adalah :

  1. Hasil pengukuran yang diperoleh dai timbangan berat badan digital lebih akurat.
  2. Desain timbangan berat badan digital lebih modern.
  3. Penggunaan timbangan berat badan digital lebih praktis.

Timbangan berat badan digital yang bagus biasanya mampu menimbang berat badan hingga bobot 200 kg dan memiliki kemampuan menimbang berdasarkan BMI (Body Mass Index). Namun apabila timbangan timbangan berat badan milik Anda tidak bisa menimbang berdasarkan BMI (Body Mass Index) maka kita hitung secara manual.

Body Mass Index (BMI) disebut dengan Indeks Massa Tubuh (IMT). Berat badan berlebihan atau obesitas dapat meningkatkan resiko timbulnya penyakit seperti Diabetes, penyakit jantung, Hipertensi, Asam urat, kolesterol meningkat, Stroke dan juga Sleep Apnea yaitu gangguan tidur yang disebabkan gangguan pernapasan. Lalu bagaimana cara menghitung berat badan ideal menggunakan timbangan berat badan biasa?

 

Menghitung berat badan ideal

Cara menghitung berat badan ideal berdasarkan rumus BMI adalah Berat Badan dibagi Tinggi Badan dikali Tinggi Badan.

BMI = Berat Badan / (Tinggi Badan * Tinggi Badan). Dengan Keterangan :
Satuan Berat Badan = Kilogram (kg)
Satuan Tinggi Badan = Meter (m)

Cara menghitung berat badan ideal yang benar disesuaikan hasilnya dengan daftar ukuran Indeks Massa Tubuh atau BMI berdasarkan Departemen Kesehatan RI. Kategori dibagi menjadi dua yaitu kategori BMI untuk pria dan kategori BMI untuk wanita :

  1. Kategori BMI untuk pria :

Nilai < 17 termasuk kurus, nilai 17-23 termasuk normal, nilai 23-27 termasuk kegemukan, dan nilai > 27 termasuk obesitas

  1. Kategori BMI untuk wanita

Nilai < 18 termasuk kurus, nilai 18-25 termasuk normal, nilai 25-27 termasuk kegemukan, dan nilai > 27 termasuk obesitas

 

Contoh cara menghitung berat badan ideal berdasarkan rumus BMI (Body Mass Index)

  1. Contoh 1 cara menghitung berat badan ideal :

Berat badan si X adalah 65 kg sedangkan tinggi badan si X adalah 1,7 m (170 cm). Berapa Indeks Massa Tubuh atau BMI si X ?

BMI si X = 65 kg / (1,7  m x 1,7 m)
BMI si X = 22,49 maka barat badan si X normal.

  1. Contoh 2 cara menghitung berat badan ideal :

Berat badan si A adalah 75 kg sedangkan tinggi badan si A 1,65 m (165 cm). Berapa Indeks Massa Tubuh atau BMI si A ?

BMI si X = 75kg / (1,65  m x 1,65 m)
BMI si X = 27,55 maka barat badan si A obesitas.

 

META
Judul                     : Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Timbangan Manual

Deskripsi            : Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis diatas tergolong mudah dan pastinya murah, tanpa risiko dan hasilnya juga maksimal. Bagaimana caranya? Simak berikut ini!

Keyword             : Cara menghitung berat badan ideal

 

admin