Kegunaan timbangan analitik pada laboratorium

Kegunaan Timbangan Analitik Pada Laboratorium

 

Tahukah Anda mengenai laboratorium? Laboratorium memang lebih dikenal sebagai tempat untuk bereksperimen, melakukan penelitian yang mana berhubungan erat dengan ilmu biologi, fisika dan juga kimia. Dalam suatu laboratorium memang dibutuhkan beberapa alat yang paling penting supaya bisa mendukung kinerja penelitian mereka. Salah satunya yaitu timbangan analitik. Kegunaan timbangan analitik ini biasanya akan dipergunakan untuk menimbang sesuatu yang sifatnya halus dan tidak bisa menimbang menggunakan timbangan biasa.

Timbangan analitik ini biasanya dimulai dari dua angka yang berada di belakang koma bahkan bisa juga mencapai lima angka dibelakang koma. Kegunaan timbangan analitik ini memang sering dipergunakan untuk mengukur berat bahan yang nantinya akan dipergunakan sebelum nantinya melakukan  eksperimen. Tentunya berkat hadirnya timbangan analitik ini, Anda semakin terbantu dalam praktikum yang akan Anda lakukan.

Bahan yang akan ditimbang biasanya berbentuk padatan dan tidak menutup kemungkinan juga untuk menimbang sebuah bahan yang bentuknya cair. Jika kita bandingkan dengan timbangan zaman dahulu, tentunya jika kita lihat dari kegunaan timbangan analitik ini memiliki fungsi yang lebih baik sebagai alat ukur. Hasil penimbangannya pun juga akurat bahkan mampu menyimpan hasil dari setiap penimbangan yang telah dilakukan. Timbangan tersebut juga terdiri dari beberapa bagian yang mana setiap bagiannya memiliki fungsi yang berbeda.

Timbangan yang satu ini memang memiliki beberapa bagian yang mana fungsinya berbeda. Inilah beberapa bagian dari timbangan analitik beserta dengan kegunaannya, diantaranya:

  1. Waterpass. Kegunaan dari bagian ini sebagai penanda posisi timbangan yang akan dipergunakan. Untuk itu timbangan pun harus dalam posisi yang seimbang ketika melakukan penimbangan supaya hasilnya akurat.
  2. Piringan timbangan. Fungsinya sebagai wadah yang akan dipergunakan untuk tempat bahan yang akan ditimbang beratnya.

Melihat kegunaan timbangan analitik yang begitu penting ini makanya Anda perlu memilih timbangan yang berkualitas dan juga bermutu. Jika Anda ingin membelinya, Anda tidak perlu khawatir lagi sebab sudah banyak sekali toko yang menjualnya. Apalagi harga yang ditawarkan pun juga snagat terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

 

META

Judul                     : Kegunaan timbangan analitik pada laboratorium

Deskripsi            : Timbangan analitik ini biasanya dimulai dari dua angka yang berada di belakang koma bahkan bisa juga mencapai lima angka dibelakang koma. Kegunaan timbangan analitik ini memang sering dipergunakan untuk mengukur berat bahan yang nantinya akan dipergunakan sebelum nantinya melakukan  eksperimen.

Keyword             : kegunaan timbangan analitik

admin