Mengenal Timbangan Lantai

Mengenal Timbangan Lantai

 

Pernahkah Anda melihat atau menggunakan timbangan lantai? Disebut juga dengan floor scale, alat ini sering digunakan sebagai pengukur berat di area-area industri. Berbeda dengan jenis timbangan lain yang lebih ringan, floor scale dibuat sedemikian rupa sehingga mampu mengukur barang seberat 1 hingga 1000 ton. Itulah mengapa strukturnya lebih kompleks dengan menggunakan load cell tipe compression yang diletakkan di antara dua plat untuk menopang beban barang di atasnya.

 

Penamaan floor scale ternyata cukup beralasan karena lantai tempat timbangan akan diletakkan dibuat kolam terlebih dahulu. Barulah alat tersebut ditanam sehingga permukaannya menjadi rata dengan lantai. Penempatan ini dimaksudnya untuk memudahkan proses penimbangan, terutama untuk benda berukuran berat yang termasuk sulit untuk dipindah atau diangkat. Selain itu, mengingat ukuran timbangan yang hanya sekitar 1.2 m x 1.2 m dan maksimal 1.5 m x 1.5 m, barang yang akan ditimbang tidak boleh melebihi dimensi tersebut, baik dari segi jumlah maupun ukuran.

 

Seperti halnya jenis timbangan lain, timbangan lantai juga tersedia dalam dua pilihan model, yaitu manual dan digital. Timbangan manual tentu sudah lebih familiar sebab telah digunakan sejak lama. Penggunaannya sedkit memakan waktu. Anda harus memposisikan anak timbang dengan tepat. Selain itu, diperlukan kejelian dalam melihat garis dan angka yang menunjukkan hasil pengukuran.

 

Lain halnya jika Anda menggunakan timbangan model digital. Pemutakhiran dalam sistem pengukuran dapat membantu pekerjaan terselesaikan lebih mudah dan cepat. Alat ini dibuat dengan fitur-fitur yang mendukung seperti auto on dan off yang akan secara otomatis mematikan timbangan saat sedang tidak digunakan. Kemudian, yang terpenting ada lah layar indikator yang menunjukkan hasil penimbangan, tanpa Anda harus menggerakkan anak timbang berbahan kuningan pada mistar yang biasa terdapat pada timbangan model manual.

 

Tipe timbangan lantai model digital juga beragam. Selain dua fitur di atas, adapula yang ditambahi dengan fasilitas anti air, dimana Anda bisa lebih leluasa menimbang barang yang berbentuk cair. Tumpahan cairan tersebut tidak akan merusak alat. Yang terpenting, sistem penimbangan digital memungkinkan Anda untuk mendaptkan hasil yang lebih presisi, termasuk hingga satuan ons atau gram.

admin