Perbedaan Timbangan Digital dengan Manual

Perbedaan Timbangan Digital dengan Manual

Dalam setiap aktivitas kesehariannya manusia tentunya selalu akrab dengan yang namanya timbangan. Timbangan akan  lebih identik dengan urusan pedagang yang menjual produknya dengan sistem timbangan. Banyak jenis dan model timbangan yang digunakan, secara umum ada dua jenis yaitu timbangan digital dan timbangan manual. Lantas dimanakah perbedaan timbangan digital dan manual?

Perbedaan timbangan digital dan manual yang pertama ada pada sistem pengoperasian timbangan tersebut. Timbangan manual masih menggunakan sistem pengoperasian yang relatif mudah untuk digunakan oleh semua orang. Lantas jika timbangan digital, tentunya pengoperasiannya sudah ditopang dengan teknologi yang dibuat khusus, sehingga butuh pemahaman terlebih dahulu.

Selanjutnya perbedaan timbangan digital dan manual ada pada tingkat akurasi hasil penimbangan. Jika dicermati, timbangan manual hanya menampilkan hasil pemerolehan secara umum atau dalam ukuran yang besar-besar saja, namun jika untuk mendapatkan akurasi berat dari benda yang kecil dan mendetail maka timbangan digital lebih unggul dan bisa dipertanggungjawabkan.

Perbedaan timbangan digital dan manual yang ketiga adalah tingkat dari keawetan timbangan. Secara umum timbangan model manual terbuat dari bahan logam-logam seperti kuningan ataupun besi. Dari bahan baku seperti itu maka sudah jelas jika bahan tersebut lebih aman dari resiko kerusakan selama pemakaiannya. Sedangkan timbangan digital akan sebaliknya, lebih mudah kerusakan.

Masalah harga juga menjadi salah satu perbedaan timbangan digital dan manual. Bicara masalah harga tentunya timbangan digital harganya lebih mahal lantaran memiliki sistem kerjanya lebih canggih dibandingkan yang manual. Harga yang lebih mahal inilah yang mengakibatkan banyak pedagang yang memilih timbangan manual sebab dianggap lebih ekonomis.

Perbedaan timbangan digital dan manual yang terakhir adalah terletak pada tingkat keamanannya. Keamanannya yang dimaksud disini adalah seputar resiko beberapa oknum bertindak curang. Jika menggunakan timbangan manual maka dengan mudah pula mereka akan mengakali ukuran timbangan tersebut. Namun jika menggunakan timbangan digital hal tersebut dirasa lebih sukar dilakukan.

Dari beberapa penjelasan seputar perbedaan timbangan digital dan timbangan manual di atas, tentunya Anda sudah bisa menentukan mau memilih menggunakan timbangan manual atau timbangan digital.

META

Judul : Perbedaan Timbangan Digital dengan Manual

Deskripsi : dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita mengenal adanya timbangan digital dan timbangan manual. Keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai alat pengukur berat. Berikut informasinya.

Keyword : perbedaan timbangan digital dan manual

admin