Timbangan Buah

Timbangan buah

Sesuai namanya timbangan buah adalah alat ukur untuk mengukur bobot atau massa dari buah buahan. Banyak sekali jenis buah yang dapat dihitung berapa bobotnya. Bahkan semua jenis buah bisa dihitung bobotnya. Tentu dengan kapasitas masing masing timbangan yang ada. Biasanya timbangan buah digunakan oleh para pedagang buah. Baik itu pedagang buah di pasar tradisional, pasar modern, maupun penjual buah keliling ataupun kaki lima.

Timbangan buah yang ada di pasar atau yang dibawa oleh pedagang keliling biasanya masih berbentuk manual atau analog. Berbeda dengan penjual buah yang ada di pasar modern dimana timbangannya menggunakan timbangan digital yang secara otomatis mencantumkan harga dari buahnya tersebut.

Timbangan buah yang digunakan untuk mengukur bobot buah tentu banyak macamnya yang dapat sesuai dengan fungsi dan kegunaan buah tersebut. Buah yang sering dibeli dan ditimbang dahulu oleh penjualnya yaitu semangka, pisang, mangga, apel, jeruk, anggur, leci, salak, rambutan dan berbagai macam buah lainnya. Dengan adanya timabngan buah yang ingin dibeli konsumen mempunyai hitungan yang tepat mengenai bobot buahnya. Contoh timbangan buah yang sering digunakan adalah :

  1. Timbangan retail price computing scale. Sebenarnya memang untuk nama dari timbangan ini untuk bahasa Inggrisnya Price Computing Scale akan tetapi untuk di umum banyak yang menyebut Timbangan Buah dan untuk kalangan orang yang jual timbangan ada yang menyebut timbangan retail. Dinamakan Price Computing Scale karena memang timbangan ini dilengkapi dengan penghitung langsung dari timbangan tersebut. Timbangan ini dilengkapi 6 display, 3 untuk menhadap depan dan 3 kebelakang. Fungsi didepan untuk penjual dan kebelakang untuk pembeli. 3 display tersebut berfungsi antara lain untuk menunjuk berat, harga per kilogramnya dan untuk total perkalian harga dan berat. Timbangan ini juga di lengkapi dengan fungsi penyimpanan ( memori ) harga. Jumlah memori penyimpanan harga tersebut biasanya sesuai dengan harga timbangan tersebut. Semakin mahal maka memori penyimpanan semakin banyak.
  2. Timbangan retail dengan printer/ price computing scale with printer. Timbangan Retail ini sudah dilengkapi dengan Printer untuk mencetak hasil penimbangan. Print out atau hasil cetak dari timbangan ini memuat banyak item antara lain : Nama Toko, Nama Barang yang ditimbang, harga dan total harga, tanggal dan jam penimbangan serta biasanya barcode. Kalau jenis timbangan buah ini bisa dipastikan mempunyai memori yang berlimpah dan banyak fasilitas seperti Memiliki memory yang besar hingga bisa menyimpan PLU sampai 3000. Itu artinya timbangan tersebut bisa memuat data barang dan harganya sampai 3000 item. Timbangan tersebut biasanya digunakan oleh pasar pasar modern sehingga penggunaannya lebih praktis dan ekonomis dalam melayani pelanggan.
admin