Timbangan Duduk atau Timbangan Bebek

Timbangan Duduk atau Timbangan Bebek

 

Seperti halnya namanya, timbangan duduk merupakan satu jenis alat untuk menimbang yang dipergunakan dengan cara mendudukkan benda di atas tatakan atau alas timbangan. Timbangan ini di beberapa daerah dikenal dengan sebutan timbangan bebek, karena memang memiliki bentuk mirip dengan hewan bebek. Ada pula daerah yang biasa mengenalnya sebagai “timbangan beras” karena memang dulu lebih banyak dipakai oleh para pedagang beras di pasar – pasar tradisional. Timbangan duduk memang sudah sejak lama ada di Indonesia. timbangan ini sangat populer karena penggunaannya yang sangat mudah dan akurasinya yang terbilang cukup tinggi. Meski cukup presisi, namun timbangan bebek jaman dulu cukup merepotkan penggunanya. Pasalnya, pemakai harus menggeser – geser penanda yang biasanya terbuat dari kuningan atau besi padat hingga menunjukkan angka yang sesuai.

 

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini timbangan duduk atau timbangan bebek hadir dengan beragam fitur canggih. Timbangan duduk kini dapat langsung menunjukkan berapa berat suatu benda tanpa harus menggeser – geser penanda. Konstruksi dari timbangan juga sudah semakin berkembang karena kini lebih mudah untuk dipindah – pindah. Soal varian, timbangan bebek juga hadir dalam beragam jenis, mulai dari yang berukuran kecil yang ditujukan untuk benda berbobot beberapa kilo hingga yang berukuran besar yang bisa menimbang benda dengan berat mencapai beberapa kuintal.

 

Timbangan duduk juga tersedia dalam dua jenis, yakni analog atau yang menggunakan jarum sebagai penanda dan digital yang menggunakan layar digital sebagai indikator. Untuk yang berjenis analog, pengguna tidak perlu mencari soket listrik karena bisa langsung dipakai sementara yang menggunakan indikator digital harus terlebih dulu dicolokkan ke soket listrik. Namun, satu hal yang harus selalu diingat adalah, pengguna timbangan duduk harus bisa mencari tempat atau permukaan yang benar – benar rata untuk bisa menemukan hasil yang presisi. Benda yang akan ditimbang, sebaiknya juga dikemas dengan baik sebelum ditimbang, pengemasan bisa menggunakan karung atau kardus atau kemasan yang lain agar dapat dengan mudah didudukkan di atas timbangan.

admin