Timbangan Hewan untuk Terus Memantau Perkembangan Hewan Ternak

Timbangan Hewan untuk Terus Memantau Perkembangan Hewan Ternak

 

Berternak hewan tidaklah hanya sekedar memberinya makan, minum, dan membersihkan kandangnya. Perkembangan hewan juga harus dipantau untuk mengetahui apakah hewan tersebut berkembang dengan normal atau tidak. Jika tidak tentunya harus dicari permasalahannya supaya tidak menyebabkan masalah berkepanjangan dan yang akan berujung pada kerugian. Salah satu cara pemantauannya adalah dengan melakukan penimbangan hewan secara berkala. Untuk menimbang hewan, tentunya diperlukan timbangan hewan.

 

Karena hewan merupakan makhluk hidup yang bergerak, maka penimbangan tentunya tidak semudah menimbang barang tidak bergerak. Terlebih lagi, jika hewan-hewan ternak tersebut tidak jinak. Bukan hanya sulit untuk mendapatkan keseimbangan saat menimbang, tetapi bisa jadi hewan justru mengamuk saat ditimbang. Oleh karena itulah, timbangan untuk hewan ternak disediakan dalam model khusus.

 

Pada dasarnya, model timbangan untuk hewan ternak seperti timbangan lantai yang kuat dan mampu menahan berat hingga satuan ton, tetapi ada beberapa fitur khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan penimbangan ternak. Permukaan timbangan tidak boleh licin agar hewan tidak terpeleset. Selanjutnya, ada pagar yang membatasi supaya ternak tidak keluar saat ditimbang. Pintu pagar dibuat lebar untuk memudahkan keluar masuknya hewan ternak ke dalam timbangan.

 

Untuk penimbangan yang lebih aman dan nyaman, ada model timbangan ternak yang dilengkapi dengan kerangkeng. Jadi, bukan hanya diberi pagar di bagian pinggirnya, tetapi bagian atasnya juga tertutup. Tujuannya tentu untuk membatasi gerak hewan saat ditimbang sehingga akan lebih mudah didapatkan hasil yang akurat. Selain itu, model kerangkeng ini sangat aman untuk menimbang hewan yang masih liar.

 

Timbangan ternak ini biasanya dimiliki oleh peternakan-peternakan besar. Namun, peternak kecil juga ada baiknya memiliki timbangan ternak supaya bisa senantiasa memantau perkembangan berat hewan dari minggu ke minggu, bulan ke bulan. Dengan begitu, peternak bisa mengetahui sejauh mana usahanya memelihara hewan ternak tersebut berhasil.

 

Ingatlah bahwa menimbang ternak diperlukan untuk mendapatkan data yang lebih akurat dibandingkan hanya sekedar melihat besar tubuh hewan. Oleh karena itu, timbanglah hewan-hewan ternak yang anda miliki baik itu sapi, kambing, kerbau, maupun ternak lainnya secara berkala.

admin