Timbangan Manual dan Timbangan Digital

TIMBANGAN

Artikel Mengenai Timbangan

Semakin berkembangnya teknologi kini semuanya serba praktis dan juga sederhana tanpa perlu merepotkan, seperti halnya timbangan atau sering kita kenal neraca. Timbangan merupakan salah satu alat penting yang digunakan untuk berbagai kebutuhan untuk menentukan suatu massa dengan akurat.

Dahulu timbangan ini sering menggunakan batu yang ukurannya kurang tepat dan tidak seimbang hingga datang timbangan yang berupa timbangan mekanis atau sering kita kenal dengan timbangan manual. Cara kerja nya adalah menentukan massa dengan menyeimbangkan beban berat masa dan beban yang telah di sediakan, indikator timbangan manual menggunakan jarum yang telah di desain sedemikian rupa untuk untuk menentukan skala berat yang akurat dengan ketentuan sama dengan beban yang disediakan timbangan manual tersebut.

Timbangan manual sering kali kita lihat pada pedagang yang menjual beberapa produk berupa pangan, pakan, hingga yang berbentuk cairan. Hal ini memang cukup efektif digunakan terlebih timbangan manual dapat menentukan dengan cepat ukuran yang dibutuhkan, seperti sebuah contoh. Penjual beras masih menggunakan timbangan mekanis atau manual, kemudian datang seorang pembeli yang memesan beras 3 kilogram, dan dengan cepat timbangan mekanis dapat mengukurnya, namun lain halnya jika seseorang yang memesan beras menggunakan takaran gram seperti 1450gram maka hal ini tidak akan dapat dilakukan oleh penjual yang menggunakan timbangan manual. Karena cukup spesifik dan beban yang tersedia berupa 100gr, 500gr, 1000gr hingga 2000gr. Maka kini penjual individu ataupun industry lebih memilih timbangan yang lebih canggih dan juga lebih modern.

Seiring perkembangan zaman kini timbangan mekanis kurang diminati oleh industri-industri atau pabrikan karena kurang akurat saat di gunakan, dan berat yang di berikan telah di tentukan dengan pas, sehingga timbangan mekanis ini tidak dapat diandalkan dalam mengukur ukuran yang cukup spesifik. Sehingga kini kebutuhan menimbang atau menakar kini beralih menggunakan timbangan yang lebih modern yaitu timbangan digital, dengan timbangan digital anda dapat mengukur massa dengan keakuratan hingga 99,9% dibanding dengan menggunakan timbangan mekanis yang telah di ketahui berat bebannya.

Timbangan digital kini mulai meluas dan telah banyak menolong perusahaan, kantor, hingga produsen-produsen yang membutuhkan alat untuk menimbang massa baik produk atau barang yang akan di produksi secara cepat dan akurat, dan uniknya lagi timbangan digital ini dapat langsung terhubung dengan komputer sehingga anda dapat menggunakannya untuk kebutuhan kalkulasi dalam jumlah banyak sekalipun dengan cepat dan juga akurat.

Adapun timbangan lantai yang mengukur beban yang lebih berat dalam ukuran yang lebih besar dan tidak dapat di ukur menggunakan timbangan digital, biasanya timbangan lantai digunakan untuk kebutuhan industry manufaktur.

Banyak sekali jenis timbangan yang kini tersebar di masyarakat diantaranya adalah timbangan gantung, timbangan digital, timbangan lantai, timbangan badan hingga timbangan duduk.

admin