Timbangan Ternak Sebagai Penentu Harga Sapi dan Kambing

Timbangan Ternak Sebagai Penentu Harga Sapi dan Kambing

 

Bagi seorang pedagang, timbangan merupakan perlengkapan penting. Hal ini dikarenakan timbangan juga menjadi penentu sah atau tidaknya transaksi jual beli. Seperti halnya transaksi lainnya, jual beli ternak juga membutuhkan timbangan. Seperti misalnya ternak sapi atau kambing. Timbangan ini juga memiliki fungsi untuk menentukan harga ternak tersebut. Lalu bagaimana sebenarnya timbangan ternak tersebut? Berikut kami berikan informasi selengkapnya.

 

Jenis Timbangan Ternak

Timbangan ternak yang biasa digunakan memiliki dua jenis, yaitu analog dan digital. Perbedaan pada kedua jenis timbangan ini tentu terletak pada model penggunaannya. Jika timbangan analog digunakan secara manual, maka timbangan digital dapat lebih praktis. Selain model penggunaannya, perbedaan lain terletak pada desain timbangan. Timbangan analog memiliki desain terbuka sedangkan timbangan digital berbentuk seperti kerangkeng atau kandang.

Desain timbangan ternak digital memiliki banyak kelebihan. Kelebihan tersebut diantaranya lebih praktis, aman, dan mudah digunakan. Timbangan digital lebih praktis, karena hewan ternak tidak perlu ditali agar tidak terlepas. Kemudian timbangan ini juga lebih aman, karena kerangkeng besi tersebut menghindari resiko hewan mengamuk. Kelebihan yang terakhir adalah lebih mudah, karena kita tinggal memasukkan sapi atau kambing ke dalam timbangan.

 

Timbangan Ternak Dapat Menentukan Harga

Timbangan untuk ternak juga memiliki tingkat keakuratan yang tinggi. Timbangan ini dapat digunakan untuk menimbang hewan ternak seperti sapi, kerbau atau kambing. Penimbangan tersebut dilakukan saat hewan ternak masih hidup. Hal ini biasa dilakukan oleh pemilik ternak agar kualitas hewan ternak terlihat saat masih hidup. Selain itu, biasanya juga diperlukan untuk jual beli ternak untuk dipelihara kembali. Dengan keakuratan tersebut, maka menghindari kerugian yang dialami oleh pihak-pihak tertentu.

Timbangan ternak ini tidak hanya menentukan keakuratan dalam menimbang. Namun, timbangan ini juga dapat menentukan harga hewan ternak tersebut. Biasanya harga sapi atau kambing ditentukan berdasarkan berat dari hewan ternak tersebut. Hewan ternak dengan bobot yang besar bisa terjual dengan harga yang tinggi. Sebaliknya, bobot hewan ternak yang di bawah rata-rata akan dijual dengan harga murah. Jadi dengan adanya timbangan ini sangat berperan dalam menentukan harga hewan ternak.

 

META

Judul                     : Timbangan Ternak Sebagai Penentu Harga Sapi dan Kambing

Deskripsi            : Selain untuk mengetahui keakuratan berat, timbangan ternak juga bisa menentukan harga dari hewan ternak tersebut. Berikut ulasan selengkapnya.

Keyword             : timbangan ternak penentu harga

admin