Tips Membeli Timbangan Lantai

Tips Membeli Timbangan Lantai

 

Timbangan lantai atau floor scale merupakan salah satu jenis timbangan yang umum dipakai oleh masyarakat. Melihat ukurannya yang besar, dapat kita simpulkan bahwa alat ini difungsikan untuk menimbang benda atau barang dengan kapasitas yang besar pula. Biasanya jenis timbangan ini digunakan untuk mengukur berat barang yang ada di gudang, hasil industri, hasil perkebunan dan sebagainya. Modelnya yang datar dan bisa diposisikan atau ditanam di lantai memudahkan pemindahan barang dan pengukuran, terutama saat harus menggunakan kereta dorong.

 

Alat penimbangan, apapun jenisnya, merupakan investasi penting terutama dalam bisnis yang melibatkan proses produksi dan distribusi. Oleh karena itu, Anda perlu membuat pertimbangan yang jeli. Berikut ini adalah beberapa tips penting saat hendak membeli timbangan lantai:

 

  • Pilih timbangan yang menawarkan kemudahan saat penggunaan. Pemilihan desain yang tepat dapat membantu menghemat waktu. Jika proses penimbangan menuntut Anda harus selalu bergerak, ambillah alat penimbang yang dilengkapi roda di bawahnya sehingga lebih flesible untuk dipindahkan.

 

  • Pastikan tingkat akurasinya tinggi sehingga dapat membuat proses penimbangan lebih efektif dan mendukung produktivitas kerja. Selain itu, timbangan yang digunakan juga harus handal, terlebih orientasi pemanfaatnnya adalah dalam jangka waktu yang lama.

 

  • Gunakan alat penimbang dengan desain yang memenuhi kebutuhan. Misalnya timbangan yang dilengkapi dengan jalur landai sehingga memudahkan Anda menaikkan dan menurunkan barang yang akan ditimbang.

 

  • Proses pembersihan yang mudah. Selain untuk menjaga kualitas dari alat penimbang itu sendiri, kebersihan juga berperan dalam menghasilkan hasil penimbangan yang akurat. Anda juga perlu memperhatikan area kerja dimana alat tersebut akan diletakkan, sebab hal ini akan menentukan tipe material timbangan yang tepat dan memiliki ketahanan cukup baik terhadap kondisi lingkungan.

 

Kapasitas barang yang dapat diukur beratnya menggunakan timbangan lantai biasanya berkisar antara 1 ton (1000 kilogram) hingga 10 ton (10.000 kilogram) bahkan lebih. Semakin besar kapasitasnya, semakin mahal pula harganya. Model dan merek juga mempengaruhi nilai jual alat tersebut. Makanya Anda perlu mempertimbangkan spesifikasi alat penimbang tersebut, disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh nilai guna yang optimal dari investasi yang dikeluarkan.

admin