Tips Merawat Timbangan Laboratorium

Tips Merawat Timbangan Laboratorium

 

Seperti yang mungkin kalian tahu timbangan memiliki beragam macam model dengan fungsinya masing-masing. Dimana setiap model timbangan tentunya digunakan untuk berbagai keperluan yang khusus untuk dibidangnya masing-masing. Salah satu timbangan yang akan kita bahas kali ini yakni Timbangan Laboratorium.  Dimana jenis timbangan yang satu ini sering juga disebut sebagai Analytical Balance. Adapun masih banyak orang yang belum tahu dan bisa membedakan perbedaan antara timbangan laboratorium dengan timbangan konvensional. Adapun untuk cara membedakannya cukup mudah karena bisa dilihat waktu melakukan penimbangan barang. Anda hanya cukup melihat readability yang mencapai 4 angka yang ada dibelakang koma dalam satu gram tentunya seperti contoh (0.0001 gr).

Adapun tentunya jika diubah kedalam satuan Mg maka nantinya akan dibaca (0.1 Mg). Kebanyakan timbangan laboratorium juga sudah dilengkapi dengan kaca penutup yang memiliki fungsi untuk menghalangi angin ketika saat melakukan penimbangan. Fungsi dari timbangan ini sendiri tentunya biasa digunakan menimbang bahan-bahan laboratorium seperti Zat Kuning Telur, Bahan dasar kimia dan lain-lain. Untuk merawat timbangan laboratorium tentunya penting sekali karena jika tidak dirawat dengan benar akan mudah rusak sehingga penting menjaga perawatan dan cara penggunaannya yang benar. Adapun sedikit tips untuk merawat dan membersihkan timbangan laboratorium ini sebagai berikut:

  • Jangan letakan benda electronic ketika menimbang diatas timbangan ini karena bisa menganggu statistic timbangan
  • Cobalah untuk selalu menjaga kebersihan timbangan yakni dengan cara membersihkannya
  • Bersihkan timbangan dengan cara yang benar yakni buka platnya yang ada pada timbangan kemudian bisa dibersihkan dengan kuas, setelah itu bisa Anda matikan timbangan ketika sedang tidak digunakan.

Adapun hal penting lainnya yang harus perhatikan jangan sampai menyalakan timbangan ini terus menerus karena akan LOADCELL yang berarti akan bekerja terus menerus. Selain itu juga cobalah untuk menggunakan Stabilizer timbangan laboratorium Tera minimum setahun sekali dan hal terakhir jangan sampai ada cairan kimia yang tertumpah ke timbangan laboratorium.

admin